ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Gula dan Kanker Pankreas

22 Jul 2010
DALAM studi terhadap hampir seribu orang di Italia terungkap bahwa mereka yang menyantap banyak makanan mengandung gula berisiko lebih tinggi terserang kanker pankreas.
Penelitian yang dipimpin Marta Rossi dari Institut Riset Farmakologi Mario Negri, Milan, itu tidak menemukan hubungan antara jumlah total karbohidrat yang dikonsumsi partisipan studi dan risiko mereka terserang kanker pankreas. Tetapi, mereka menemukan adanya hubungan risiko kanker pankreas yang lebih besar dengan asupan gula, permen, madu, dan selai yang tinggi.
Itu mengindikasikan karbohidrat olahan yang mengandung gula berkaitan lebih kuat dengan risiko kanker pankreas daripada yang berasal dari biji-bijian tinggi serat, buah-buahan, dan sayuran. Studi Rossi tidak secara otomatis memastikan bahwa makanan yang mengandung gula menyebabkan kanker pankreas. Namun, diduga makanan semacam itu dapat berkontribusi terhadap risiko penyakit tersebut. 
Kanker pankreas memang tidak terlalu sering dijumpai tetapi salah satu yang mematikan. Hanya sekitar 5% dari penderitanya yang dapat bertahan hidup selama lima tahun. (Reuters/EP/X-5)
ads
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test