ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Fruktosa dan Darah Tinggi

21 Jul 2010
M engosumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung fruktosa berpotensi meningkatkan tekanan darah. "Data yang terekam dari hasil penelitian kami sangat konsisten. Di antara jenis gula, fruktosa adalah penyebab utama penyakit darah tinggi," ujar Michael Chonchol, ketua peneliti dari University of Colorado Health Sciences Center di Denver, AS.
Chonchol dan tim melakukan survei terhadap 4.528 orang yang berusia di atas 18 tahun dan tidak mempunyai sejarah penyakit darah tinggi. Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi 74 gram fruktosa--2,5 kaleng minuman berpemanis--atau lebih perhari, 28% menghadapi risiko tekanan darah hingga 135/85 atau lebih.
Asosiasi Jantung AS menyatakan terlalu banyak mengonsumsi gula tidak hanya menyebabkan seseorang bertambah gemuk, melainkan juga memicu berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, dan stroke. Fruktosa adalah salah satu jenis pemanis yang terbuat dari jagung dan umumnya digunakan dalam minuman, roti dan produk olahan lainnya.
Fruktosa diketahui bisa meningkatkan kadar komponen asam urat dalam tubuh. Asam urat mendorong terbentuknya angiotensin II, hormon yang membuat pembuluh darah berkontraksi sehingga darah mengalir dengan cepat. Inilah mekanisme penyakit darah tinggi.(Reuters/Mps/X-5)
ads

1 komentar on Fruktosa dan Darah Tinggi

silahkan beri komentar