ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Anemia dan Pencegahannya

5 Jul 2010
Apakah anda kerap merasa lemah, letih, atau kepala terasa melayang? Hati-hati, mungkin Anda menderita anemia. Anemia, yang dalam bahasa Yunani berarti tanpa darah, adalah suatu keadaan saat jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) berada di bawah normal. Hal itu membuat darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh.
Gejala-gejala yang disebabkan oleh pasokan oksigen yang tidak mencukupi kebutuhan ini bervariasi. Di antaranya kelelahan, kelemahan, kurang tenaga dan kepala terasa melayang. Jika anemia bertambah berat, bisa menyebabkan stroke atau bahkan serangan jantung.
Menurut Pusat Informasi Kesehatan Perempuan AS, beberapa tipe anemia bisa dicegah. Sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia di antaranya adalah mengkonsumsi makanan kaya zat besi seperti sayuran hijau, daging merah, kacang-kacangan, dan roti.
Hindari mengonsumsi teh atau kopi secara berbarengan saat makan karena kedua jenis minuman itu bisa menyerap zat besi yang Anda peroleh dari makanan. Mengonsumsi vitamin C, B12, dan asam folat yang cukup juga bisa membantu Anda terbebas dari anemia. (HealthDay/Mps/X-5)
ads
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test