ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Opini Orang dan Pilihan Pasangan

2 Jul 2010
Dalam hal memilih pasangan, pendapat orang yang tidak kita kenal ternyata sangat memengaruhi keputusan. Itu terbukti dalam riset Skyler Place dari Departemen Ilmu Psikologi dan Otak Universitas Indiana, AS.
Place meminta 40 mahasiswa dan 40 mahasiswi menyaksikan video yang menampilkan delapan sesi kencan kilat antara seorang pria dan perempuan. Para peneliti kemudian mengukur ketertarikan partisipan studi terhadap pria atau perempuan dalam video-video tersebut.
Hasilnya, ketertarikan partisipan pria terhadap perempuan dalam video meningkat setelah menyaksikan rekaman tersebut. Ketertarikan mereka semakin kuat jika pria dalam video tampak tertarik dengan sang perempuan dan dianggap sama atau lebih tampan daripada diri mereka. Hal serupa juga ditunjukkan partisipan perempuan terhadap pria dalam video.
"Kita mungkin berpikir mencari pasangan adalah proses yang sebaiknya dilakukan sendiri-sendiri," kata Place. "Tetapi manusia juga mempertimbangkan preferensi orang lain untuk membuat proses pencarian lebih efisien," sambungnya.
Pendapat teman dan keluarga, kata Place, tentu juga dianggap penting. "Yang mengejutkan, kami menunjukkan bahwa (pendapat) orang-orang yang sama sekali tidak dikenal juga berpengaruh." (HealthDay News/EP/X-5)
ads
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test