ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Perbuatan Baik Bisa Menular

2 Jul 2010
Melihat orang berbuat baik dapat mendorong kita melakukan hal yang sama. Itulah kesimpulan studi Simone Schnall dari Universitas Cambridge, Inggris.
Riset-riset terdahulu telah menunjukkan, saat kita melihat orang lain berbuat baik, kita terilhami untuk melakukan yang sama. Schnall dan tim meminta 36 mahasiswi menonton satu dari tiga video, yakni klip dari acara The Oprah Winfrey Show, film dokumenter mengenai lingkungan, atau video komedi. Video Oprah memperlihatkan musikus-musikus yang berterima kasih kepada para mantan guru mereka.
Seorang instruktur studi lalu berpura-pura tidak dapat membuka sebuah fail komputer yang diperlukan partisipan untuk menyelesaikan tes. Instruktur itu lalu mempersilahkan partisipan meninggalkan ruangan, tetapi sebelum keluar mereka diminta mengisi kuesioner penelitian lain. Jika bersedia mengisi, mereka dapat berhenti kapanpun.
Ternyata, mereka yang menyaksikan video Oprah menyelesaikan kuesioner dalam waktu dua kali lebih lama ketimbang partisipan yang melihat film dokumenter atau video komedi. Mereka yang mengaku merasa 'tergerak dan bersemangat' setelah menyaksikan video itu juga lebih cenderung membantu sang instruktur. (EP/Livescience/X-8)
ads
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test