ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Anjing Bisa Mengendus Kanker

2 Jul 2010
AAnjing dikenal memiliki penciuman yang tajam. Karena itulah hewan tersebut kerap digunakan untuk melacak keberadaan obat-obatan terlarang, bahan peledak, dan tahanan yang kabur.
Tidak hanya itu. Belum lama ini, peneliti Prancis mengatakan anjing juga dapat mengendus kanker prostat pada manusia.
Menurut studi yang dipimpin Jean-Nicolas Cornu, anjing gembala Belgian Malinois dapat dilatih mendeteksi kanker prostat. Dokter-dokter di Rumah Sakit Tenon, Paris, melatih sejumlah anjing agar mampu membedakan bau urine pria yang mengidap kanker prostat dan yang tidak. Ternyata, anjing-anjing itu berhasil membedakan dengan akurat 63 dari 66 sampel urine.
Penciuman anjing diyakini memiliki ketajaman 100.000 kali lebih baik ketimbang manusia. Sel kanker prostat diduga mengeluarkan bau unik. Cornu menyimpulkan anjing-anjing terlatih itu mengenali bau dari suatu molekul yang diproduksi sel kanker.
Menanggapi hasil penelitian Cornu, sebagian ilmuan sangat berhati-hati karena studi itu tergolong kecil dan mesti dilakukan riset lebih lanjut oleh peneliti lainnya sehingga efek nyatanya dapat dibuktikan.
Jika itu terbukti, pendeteksian kanker prostat dengan menggunakan anjing dinilai bakal lebih akurat ketimbang tes darah yang saat ini umum digunakan. (EP/Livescience/X-4)
ads
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test