ads

Diberdayakan oleh Blogger.

Teman Satu Sekolah dan Prestasi

2 Jul 2010
Remaja yang memiliki banyak teman satu sekolah diyakini dapat mempengaruhi prestasi belajar mereka. Sebuah penelitian yang melibatkan 629 pelajar kelas 12 (3 SMA) di Los Angeles, AS, menemukan murid yang mempunyai lebih banyak teman satu sekolah memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi,  ketimbang mereka yang banyak teman di luar sekolah.
"Hal itu disebabkan teman satu sekolah cenderung berorientasi prestasi dan mendukung aktivitas sekolah yang sama termasuk dalam belajar. Lagi pula mereka berada dalam satu lingkungan yang sama," ungkap Melissa R Witkow, asisten profesor ilmu psikologi di Universitas Willamette.
Namun begitu, tambahnya, bukan berarti teman-teman di luar sekolah tidak penting. "Persahabatan-persahabatan penting dalam memenuhi  kebutuhan sosial remaja, dan mereka tidak selalu berdampak buruk bagi prestasi sekolah," ujar Witkow.
Studi dilakukan dengan kuesioner dan data mengenai aktivitas-aktivitas  para pelajar, seperti lamanya belajar dan bergaul dengan teman di luar maupun satu sekolah. (EP/HealthDay News/X-8)
ads
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test